ARTIKEL DJIMBE

Cara merawat djimbe

Cara Perawatan untuk dan Menjaga Djembe Anda
Seperti halnya dengan alat musik, djembe membutuhkan menghormati dan memelihara agar kualitas suara dan bahan-bahan untuk terakhir. Jika Anda mengurus djembe Anda kayu dan cincin harus berlangsung seumur hidup. Harapan hidup dan tali kulit akan tergantung pada seberapa sering dimainkan, seberapa baik dipelihara, dan tingkat ketegangan dipertahankan. Secara umum, itu adalah ide yang baik untuk menjaga djembe Anda dalam sebuah kasus untuk penyimpanan dan transportasi, yang akan melindungi kulit dan kepala dari overexposure ke unsur-unsur, dan melindungi terhadap gundukan dan tetes.
Karena kayu (kecuali disegel) dan kulit hewan adalah bahan higroskopis mereka terus-menerus mengambil dan rilis kelembaban dalam menanggapi kondisi iklim. Kulit kambing, karena itu lebih tipis dan lebih lembut, lebih merespon perubahan kelembaban relatif temerature dan daripada jenis yang paling dari kayu. Bila kelembaban diserap sel-sel memperluas, menyebabkan peningkatan ukuran secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa drum akan kehilangan ketegangan dan drop di lapangan ketika diambil dari Santa Fe ke Atlanta (kelembaban relatif rendah untuk kelembaban yang lebih tinggi), semua faktor lainnya sama. Bila kelembaban dilepaskan sel menyusut. Ini juga mengapa djembes disegel kebanyakan yang tidak kiln kering cenderung memiliki rambut untuk penuh-kedalaman retak saat diekspor dari Afrika Barat untuk iklim kering khatulistiwa seperti di Salt Lake City. Ini juga mengapa kulit pada djembe disetel akan pecah jika dibiarkan di dalam mobil pada suatu hari musim panas, atau jika ditempatkan langsung di depan ventilasi pemanas setelah berada di lingkungan yang dingin.
Kayu Djembe Shell
Sebagai aturan praktis Anda harus memperlakukan shell djembe Anda seperti Anda akan sepotong bagus furnitur kayu. Hindari kontak yang terlalu lama sinar matahari langsung, air, tanah, dan panas yang berlebihan dan dingin. Ketika mengangkut melindungi dari goresan dan penyok dengan tas empuk. Ketika diambil dari salah satu suhu yang lain, dan di mana drum telah di satu suhu cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan itu, memberikan waktu secara bertahap drum untuk menyesuaikan diri sebelum bermain. Untuk membantu kayu disegel menyesuaikan diri dengan perubahan suhu dan kelembaban harus diminyaki secara teratur. Retak kecil dapat dengan mudah diperbaiki di rumah.
  • Seleksi dan Aplikasi Minyak - pabrik Alam dan minyak biji dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu pengerasan dan non-pengerasan. Sebuah minyak pengerasan akan menebal dan berubah menjadi resin dari waktu ke waktu dengan paparan udara, yang proses tidak dapat dikembalikan hanya dengan menambahkan air atau meningkatkan suhu. Minyak tersebut termasuk biji rami direbus, tung, dan minyak jati. Pengerasan minyak mengubah properti dari kayu, sehingga sulit dan kurang pourous. Beberapa mantel minyak pengerasan dapat mencapai efek yang sama dengan menggunakan sealant polyeurythane. Suara yang dihasilkan memiliki nada yang lebih dan cincin, bukan sebagai hangat dan alam sebagai shell membukanya.

    Non-pengerasan minyak tidak akan berubah menjadi resin, meskipun mereka mungkin menjadi lebih padat sebagai penurunan suhu, yang reversibel. Ini umumnya termasuk shea butter dan minyak kelapa untuk pengobatan djembe. Minyak ini hidrat kayu saat memungkinkan untuk mempertahankan sifat pourous yang berkayu, yang berkeinginan untuk kualitas suara djembe baik. Kecuali djembe Anda telah diperlakukan dengan minyak pengerasan, atau sebaliknya disegel, kami akan sangat menyarankan menggunakan minyak kelapa atau shea butter untuk menjaga shell djembe Anda dehidrasi dalam rangka untuk mencegah retak, dan untuk meningkatkan keindahan alam dan butir kayu.
Ketika kayu mulai merasa atau terlihat kering, atau jika retak kecil mulai muncul di dekat dasar shell, sekarang saatnya untuk melembabkan kayu lagi. Untuk hasil yang terbaik pastikan permukaan kayu yang bersih dan kering. Minyak kelapa atau Karite (shea butter) dapat diterapkan dalam keadaan cair atau semi-padat, dengan menggunakan kuas cat atau kain jenuh. Kayu akan menyerap lebih banyak minyak ketika pori-pori terbuka dan minyak adalah cair. Dengan hanya menempatkan drum di bawah sinar matahari selama beberapa menit sehingga permukaan hutan memanas sedikit, dan membiarkannya duduk di bawah sinar matahari selama beberapa jam setelah minyak AHS telah diterapkan, kayu akan menyerap dan mempertahankan lebih banyak minyak. Menghapus kelebihan minyak dengan kain bersih, dan ulangi proses ini sesering yang diperlukan untuk menjaga kayu terhidrasi dan sehat.
  • Perbaikan Celah di Wood - Kayu mulai mengering di permukaan dan bekerja menuju pusat, itulah sebabnya mengapa sebagian besar diimpor, djembes disegel memiliki setidaknya satu retakan. Jika mereka telah diperbaiki Anda mungkin bahkan tidak memperhatikan mereka. Dalam beberapa kasus, terlepas dari berapa banyak minyak diletakkan pada kayu, masih akan retak dalam rangka meredakan ketegangan internal. Sisi terang, sekali djembe telah lega ketegangan ini melalui satu atau lebih perpecahan, itu lebih stabil daripada sebelumnya retak. Untuk alasan ini kami tidak menganjurkan mencoba untuk menutup membagi dengan membawa kayu kembali bersama-sama; ini hanya reapplies ketegangan yang secara alami dirilis oleh perpecahan dan dapat menyebabkan ketidakstabilan dan cracking simpatik di tempat lain.
Metode terbaik untuk memperbaiki retakan kecil membutuhkan sejumlah kecil lem super halus serbuk gergaji dan cair. Pertama menghapus sebagai banyak kotoran dan minyak mungkin dari area perbaikan, dan pastikan permukaan kering. Isi retak dengan serbuk gergaji, menggosok sebagai padat mungkin. Hati-hati menerapkan superglue ke serbuk gergaji, merawat tidak membiarkan lem untuk menjalankan, dan menjaga serbuk gergaji dan lem super lokal untuk memecahkan. Tergantung pada bagaimana kering dan denda serbuk gergaji, itu kimia dapat bereaksi dengan lem, menghasilkan panas dan asap. Untuk alasan ini melakukan jenis perbaikan di area yang berventilasi baik sehingga Anda tidak menghirup asap. Setelah beberapa menit campuran akan mengeras, dan dapat mereka diampelas bawah atau dicelup untuk membantu campuran retak diperbaiki dengan kayu di sekitarnya. Jika pengisi / serbuk gergaji tidak ikatan kayu atau mengaktifkan sangat keras itu mungkin karena ada terlalu banyak minyak di kayu, atau terlalu lembab.
Dalam beberapa kasus retak mungkin begitu luas, memperluas sepenuhnya melalui kayu, yang akan menghalangi penggunaan sedikit serbuk kayu / lem sebagai pengisi. Untuk perbaikan yang lebih besar Anda akan memerlukan lem permanen ikatan seperti Lem Gorilla dan beberapa metode penjepitan kayu bersama-sama, sepasang tali tergeser dapat bekerja. Setelah memastikan daerah ini bersih, gunakan lem (ikuti petunjuk pada label untuk hasil terbaik) dan memaksa kayu kembali bersama-sama. Setelah membiarkan waktu pengeringan yang dianjurkan, menghapus klem dan permukaan pasir untuk menghilangkan lem tambahan. Sadarilah bahwa dengan membawa kayu kembali bersama-sama di mana Anda pernah retak yang menyebabkan kayu untuk kembali di bawah tekanan, yang dapat mengakibatkan retak simpatik lain di sekitar drum. Untuk alasan ini kami merekomendasikan mengisi bila memungkinkan.
  • Hydrating Kulit - Cara terbaik untuk menjaga kambing alami kulit kepala djembe dalam kondisi baik adalah untuk memainkannya. Minyak alami dari telapak tangan Anda akan bekerja ke dalam kulit kambing, menjaganya agar tetap terhidrasi dan sehat. Jika Anda tidak bermain drum secara berkala, ini akan menjadi ide yang baik untuk memiliki beberapa shea butter alam yang tersedia untuk diterapkan ke kulit dari waktu ke waktu. Untuk drum yang dimainkan secara teratur, itu masih merupakan ide yang baik untuk menerapkan shea butter dalam jumlah yang sangat kecil, dan jarang, ke daerah kepala yang tidak datang dalam kontak dengan tangan Anda. Kami sangat merekomendasikan untuk tidak menggunakan lotion dan pelembab yang dimaksudkan untuk kulit manusia, karena ini sering mengandung bahan kimia tambahan yang dapat melemahkan kulit dari waktu ke waktu, dan bahkan memberikan kontribusi pengeringan dipercepat (alkohol, misalnya). Sejumlah kecil shea butter (Karite), sendirian atau dicampur dengan minyak alami lainnya, menggosok ke tangan, kemudian dipijatkan ke kepala drum, akan membantu tetap terhidrasi sehingga terus suara yang baik dan bertahan lebih lama. Mentega drum dari Afrika Heartwood Proyek bekerja sangat baik untuk menjaga tangan Anda dan kepala drum dari mengering dan retak.
  • Perbaikan Kecil Kulit - Jika kulit djembe Anda mengembangkan air mata atau rip akhirnya Anda akan harus mengganti seluruh kepala untuk kinerja terbaik. Jika air mata adalah di bidang dimainkan kulit (bagian yang tidak menyentuh kayu atau cincin) kemungkinan besar drum tidak akan menghasilkan berbagai macam suara karena beberapa udara akan melarikan diri melalui lubang. Namun, jika rip cukup kecil, atau di pinggir bantalan, dalam beberapa kasus beberapa jenis gel lem super bisa mengisi lubang dan menawarkan cukup kekuatan untuk menjaga drum dimainkan dalam kondisi cukup lama. Anda bahkan dapat menggunakan sedikit debu kulit (mendapatkan ini dengan ringan pengamplasan permukaan kulit) untuk mengisi lubang, dan memantapkan dengan lem super. Bahkan jika rip tidak semua jalan melalui kulit, atau jika ada bekas luka yang sedikit terbang, kita akan merekomendasikan memperkuat daerah tersebut dengan menggunakan technqiue perbaikan, untuk memberikan kulit kehidupan yang lebih panjang.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau kulitnya masih ada bulu
boleh di kerok gk ?

Unknown mengatakan...

Biar makin ga sember harus gmn bang? Serius nanya ini bang

Posting Komentar